Laman

Senin, 05 Juni 2017

Softskill Bahasa Indonesia Tugas 7

Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis

            Bisnis dalam abad informasi harus bersaing dalam pasar yang penuh tantangan, dengan perubahan yang cepat, kompleks, global, sangat kompetitif dan terfokus pada pelanggan. Lebih jauh lagi, faktor-faktor ini bisa berubah secara cepat, terkadang secara tidak terduga (Suyanto, 2005). Pengaruh teknologi informasi secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting. Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. 

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak dalam kehidupan masyarakat. Sejak diketemukannya komputer pada tahun 1955, peradaban dunia telah memasuki era informasi. Teknologi informasi dengan komputer sebagai motor penggeraknya telah mengubah cara kerja di berbagai bidang kehidupan. Pemrosesan informasi berbasis komputer mulai dikenal manusia dan hingga saat ini sudah banyak software yang dapat digunakan manusia sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan informasi. Sistem pemrosesan informasi bisnis berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pekerja untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji.(Maharsi,2000)

Perkembangan komputer dalam bidang bisnis berlangsung sangat cepat. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan oleh sedikit golongan pada akhirnya digunakan untuk membantu berbagai kegiatan manusia di berbagai bidang kehidupan, contohnya adalah di bidang bisnis. Manajemen organisasi harus tanggap pada perubahan lingkungan ini jika ingin bisnisnya tetap dapat bertahan dan meningkat kinerjanya. Manajemen organisasi juga harus sensitif terhadap pengaruh perkembangan teknologi yang mencakup informasi, peralatan teknik dan proses dalam mengubah input menjadi output. Selain itu, manajemen harus dapat memahami dengan baik peran sistem informasi dalam organisasi. (Eliot, 1992)


Bisnis yaitu suatu bentuk dari aktivitas yang memiliki tujuan utama untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan didalam terjadinya aktivitas tersebut (L.Dicksee, 2014). Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara dan secara umum yaitu perusahaan perseorangan, persekutuan, perseroan, dan koperasi. Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk yang semula kurang bernilai setelah diubah atau diolah sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen. Perkembangan cara berbisnis seiring berjalannya waktu selalu berubah dan produk yang ditawarkan pun juga berubah.


Perkembangan dunia usaha atau bisnis dewasa ini memiliki kompetisi usaha yang semakin ketat dalam skala global. Kondisi tersebut didorong oleh perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Diantara berbagai jenis teknologi yang berkembang pesat, teknologi informasi dan komputer mempunyai dampak yang paling dominan terhadap perubahan lingkungan bisnis. Istilah teknologi informasi yang sekarang lazim digunakan banyak orang, sebenarnya merupakan perpaduan antara teknologi komputer, komunikasi dan otomasi kantor yang telah bercampur menjadi satu sehingga sulit untuk memisahkannya (Indriantoro, 1996). Oleh karena itu pada saat ini  perkembangan bisnis tidak dapat terlepas dari pemanfaatan teknologi komputer.
           

-DAFTAR PUSTAKA

Suyanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis. Yogyakarta : Andi Offse
Elliot, Robbet K. (June 1992). ”The Third Wave Break on the Shore of Accounting”.          Accounting Horizon, vol. VI/2, page:61.
Maharsi, Sri. (2000). “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang     Akuntansi Manajemen”. http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15673 . diunduh tanggal 20 Juni 2016.
Maharsi, Sri. 2000. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. http://ebookinga.com/ . diunduh tanggal 24 juni 2016.
Indriantoro. 1996. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar