Dampak
Komputer terhadap Perkembangan Bisnis
Bisnis dalam abad informasi harus bersaing dalam pasar yang penuh tantangan,
dengan perubahan yang cepat, kompleks, global, sangat kompetitif dan terfokus
pada pelanggan. Lebih jauh lagi, faktor-faktor ini bisa berubah secara cepat,
terkadang secara tidak terduga (Suyanto, 2005). Pengaruh teknologi informasi
secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis
secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Pada
bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data
statistik, dan akunting. Sistem komputer melakukan otomatisasi
pekerjaan-pekerjaan rutin kantor.
Perkembangan teknologi informasi
telah membawa dampak dalam kehidupan masyarakat. Sejak diketemukannya komputer
pada tahun 1955, peradaban dunia telah memasuki era informasi. Teknologi
informasi dengan komputer sebagai motor penggeraknya telah mengubah cara kerja
di berbagai bidang kehidupan. Pemrosesan informasi berbasis komputer mulai
dikenal manusia dan hingga saat ini sudah banyak software yang dapat digunakan
manusia sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan informasi. Sistem
pemrosesan informasi bisnis berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan
untuk memberikan kemudahan bagi para pekerja untuk menghasilkan informasi yang
dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan
teruji.(Maharsi,2000)
Perkembangan komputer dalam
bidang bisnis berlangsung sangat cepat. Komputer yang pada awalnya hanya
digunakan oleh sedikit golongan pada akhirnya digunakan untuk membantu berbagai
kegiatan manusia di berbagai bidang kehidupan, contohnya adalah di bidang
bisnis. Manajemen organisasi harus tanggap pada perubahan lingkungan ini jika
ingin bisnisnya tetap dapat bertahan dan meningkat kinerjanya. Manajemen
organisasi juga harus sensitif terhadap pengaruh perkembangan teknologi yang
mencakup informasi, peralatan teknik dan proses dalam mengubah input menjadi
output. Selain itu, manajemen harus dapat memahami dengan baik peran sistem
informasi dalam organisasi. (Eliot, 1992)
Bisnis yaitu suatu bentuk dari
aktivitas yang memiliki tujuan utama untuk memperoleh keuntungan bagi yang
mengusahakan atau yang berkepentingan didalam terjadinya aktivitas tersebut (L.Dicksee,
2014). Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Bentuk
kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara dan secara umum yaitu
perusahaan perseorangan, persekutuan, perseroan, dan koperasi. Fungsi bisnis
adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk yang semula kurang
bernilai setelah diubah atau diolah sehingga dapat memenuhi kebutuhan
masyarakat sebagai konsumen. Perkembangan cara berbisnis seiring berjalannya
waktu selalu berubah dan produk yang ditawarkan pun juga berubah.
Perkembangan dunia usaha atau
bisnis dewasa ini memiliki kompetisi usaha yang semakin ketat dalam skala
global. Kondisi tersebut didorong oleh perkembangan teknologi yang berkembang
pesat. Diantara berbagai jenis teknologi yang berkembang pesat, teknologi
informasi dan komputer mempunyai dampak yang paling dominan terhadap perubahan
lingkungan bisnis. Istilah teknologi informasi yang sekarang lazim digunakan
banyak orang, sebenarnya merupakan perpaduan antara teknologi komputer,
komunikasi dan otomasi kantor yang telah bercampur menjadi satu sehingga sulit
untuk memisahkannya (Indriantoro, 1996). Oleh karena itu pada saat ini perkembangan bisnis tidak dapat terlepas dari
pemanfaatan teknologi komputer.
Suyanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi untuk
Bisnis. Yogyakarta : Andi Offse
Elliot,
Robbet K. (June 1992). ”The Third Wave Break on the Shore of Accounting”. Accounting Horizon, vol. VI/2,
page:61.
Maharsi,
Sri. (2000). “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen”.
http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15673 . diunduh
tanggal 20 Juni 2016.
Maharsi,
Sri. 2000. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi
Manajemen. http://ebookinga.com/ . diunduh tanggal 24 juni 2016.
Indriantoro.
1996. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar