Laman

Kamis, 16 November 2017

Seminar Nasional AgroIndustri FOA 2017

Seminar Nasional AgroIndustri – FOA 2017 “Bring Agroindustry in Harmony for Excellent Future of Indonesia”

Saya akan menjelaskan sedikit tentang seminar yang telah saya ikuti , yaitu Seminar Nasional AgroIndustri – FOA 2017 “Bring Agroindustry in Harmony for Excellent Future of Indonesia”, yang merupakan rangkaian acara dari  Festival of Agroindustry 2017 “Let AgroIndustry Brings You Into Perfection”.
 Diadakan pada tanggal 15 Oktober 2017, di Auditorium Common Class Room IPB. Seminar ini dibagi  menjadi dua sesi, untuk setiap sesi diisi oleh dua orang pembicara.

Pembicara untuk sesi pertama yaitu Bapak Muliandy Nasution dan Bapak Tito Tegar. Dan sesi kedua pembicaranya adalah Bapak Saronto dan Bapak Aditya Lukmansyah. Saya akan menjelaskan sedikit tentang siapa saja pembicara kali ini dan kiat – kiat mereka dari bisnis Agroindustri di Indonesia

Pembicara pertama dalam sesi pertama adalah Bapak Muliandy Nasution, saat ini menjabat sebagai Director Market Development di PT General Eletric Indonesia. Sebelumnya beliau sempat bekerja di perusahaan multinasional seperti PALL Corporation, Siemens Energy Oil and Gas, Shell Gas and Power, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan PT Freeport Indonesia. Beliau merupakan alumni Teknik Industri Universitas Indonesia dan telah mendapat gelar master dalam bidang hukum, manajemen, dan MBA dari Jena Applied University, Jerman. Di tempatnya bekerja saat ini (PT General Electric Indonesia). Dan untuk produk dari General Electric yaitu HARA. HARA merupakan solusi digital untuk pertanian yang dibangun Dattabot di atas platform Predix dari General Electric(GE). HARA itu sendiri lebih memfokuskan diri pada masalah dan tantangan yang dihadapo pertanian pada tahap praproduksi dan produksi sistem ini memiliki tiga fitur utama. Pertama aplikasi ponsel yang berfungsi untuk mengambil data dari para petani, contohnya seperti memetakan lahan, mengukur luas  dan posisi lahan. Kedua adalah platformnya berbasis web, lewat platform ini perusahaan agrikultur bisa memantau posisi lahan, hama, dan juga penyakit pada lahan tersebut. Dan yang ketiga adalah memprediksi hasil panen dan merekomendasi langkah yang terbaik untuk petani, contoh merekomendasi pupuk dan bibit apa saja yang akan digunakan.

Pembicara selanjutnya, yaitu bapak Tito Tegar. Saat ini menjabat sebagai Marketing Manager Beverages di PT. Unilever Indonesia. Sebelumnya beliau menjabat Regional Trade Marketing Mgr Oral Care - Unilever International. Setelah itu, beliau sudah banyak memiliki pengalaman lainnya khususnya di PT Unilever Indonesia salah satunya adalah Jr. Brand Mgr CLEAR Shampoo. Bapak Tito merupakan alumni dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fateta IPB angkatan 43. Beliau menyampaikan beberapa wejangan :

-         Inovasi di argoindsutri harus mempunyai diferensiasi( Beda dari yang lain ) dan Standout (lebih mencolok dari yang lain).
-         Invosi Teknologi juga mengubah hidup kita (untuk poin ini saya belum mendengar jelas apa yang mengubah hidup kita dari Beliau).
-         Inovasi jika tidak di marketing akan susah/gagal bersaing dengan inovasi yang lain.
-         Bagaimana produk bisa mengubah kehidupan seseorang atau banyak orang dan lingkungan sekitar dengan marketing dengan menentukan sasaran marketing yang tepat. Contoh kotoran sapi bisa dijual. Memang terdengar absurd karena siapa yang mau membeli kotoran sapi, namun memang bisa dijual kepada yang memang membutuhkannya. Seperti diolah menjadi kompos (pupuk organik) atau diolah menjadi kerupuk (memang terdengar absurd namun memang benar ada yang seperti ini).
Kemudian beliau menyampaikan beberapa visi dari unilever, yaitu :

-         Positive Sosial Impact
-         Business Growth

Selain memberikan wejangan, beliau juga memberikan Tips CDE!

-         Can Do It!
Attitude Toward Goal. Harus mempunyai obsesi terhadap tujuan yang diinginkan atau dalam berinovasi juga.
-         Be Different!
Different is better than slightlly better. Harus berani Beda. Karena untuk maju menuju yang terbaik, dibutuhkan yaitu perubahan dan perubahan tersebut pasti membawa ‘perbedaan’ baik itu besar atau kecil.
-         Effectively Connect!
-         Connected to Growth
-         E-Commerce Game
-         Big Data Era. Sekarang adalah era digital dimana semua hal terhubung melalui internet. Dan dengan memanfaatkan hal ini kita bisa menggunakan media sosial untuk mengiklankan hasil inovasi yang telah kita buat, agar semua orang tahu apa yang kita lakukan.

Selanjutnya kita masuk ke sesi 2, pembicara kali ini adalah Bapak Saronta, saat ini bekerja sebagai Head Unit PT. Wilmar Nabati Indonesia. PT Wilmar Nabati Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit dan merupakan perusahaan pengolahan minyak sawit terbesar terbesar di Indonesia. Sebelumnya, yaitu pada tahun 2012 sampai dengan 2015 beliau menjabat sebagai direktur PT Jawa Manis Refinery. Bapak Saronto merupakan alumni dari Departemen Teknologi Industri Pertanian Fateta IPB tahun 1986.

          Pembicara terakhir untuk seminar ini, yaitu bapak Aditya Lukmansyah, S.TP. Saat ini menjabat sebagai Plant Manajer di PT. Sorini Agro Asia Corporindo, Tbk (Cargill).  PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk memproduksi dan memperdagangkan pati dan turunannya ke pelanggan multinasional di seluruh dunia. Produk perusahaan meliputi Dextrose, monosakarida kristal yang digunakan dalam biskuit, kue, makanan pencuci mulut, minuman siap saji dan minuman instan, dan produk kembang gula; dan sirup glukosa, produk manis yang digunakan dalam kembang gula, seperti permen dan jelly keras, serta creamer non-susu, bumbu, dan serealia sarapan. Produknya juga terdiri dari Maltitol, maltosa terhidrogenasi yang digunakan dalam pembuatan produk ramah gigi dan bebas gula; Maltodextrine, produk tepung yang digunakan dalam produk makanan, seperti susu bubuk, non-dairy creamer, es krim, salad dressing.
Beliau selain menjelaskan tentang PT Sorini Agro kepada kami, juga memberikan Tips Karir, yaitu :

-         Love Your Family
-         Visualise your vision
-         Build aconcrete milestoen and planning to meet your vision
-         Accountable for result and hold other accountable
-         Be Honest and to be open courage
-         Consistent
-         Rewarding your team and yourself
-         Spreading positive and good enviroment

Sekian dari penjelasan saya mengenai seminar nasional ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan. Semoga apa yang saya tulis bisa membuat motivasi orang lain.

Berikut saya lampirkan sertifikat dari seminar tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar