Manajemen Komunikasi
Pentingnya Komunikasi
Aktivitas
komunikasi juga dapat terlihat pada setiap aspek dalam kehidupan sehari hari
manusia yaitu sejak bangun tidur di pagi hari sampai dengan manusia beranjak tidur
di malam hari.
dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa persentasi waktu yang
digunakan dalam proses komunikasi adalahy sangat besar, berkisar 75% sampai 90%
dari jumlah kegiatan. Dalam proses komunikasi tersebut 5% nya digunakan untuk
menulis, 10% untuk membaca, 35% untuk berbicara, dan 50% untuk mendengar (Jiwanta,
1982).
Hal tersebut
membuktikan betapa vitalnya komunikasi dalam tatanan kehidupan social manusia.
Proses Manajemen Komunikasi
Proses
komunikasi adalah setiap langkah mulai dari saat menciptakan informasi sampai
dipahami oleh komunikan. Komunikasi adalah sebuah proses, sebuah kegiatan yang
berlangsung kontinu. Joseph De Vito (1996) mengemukakan komunikasi adalah
transaksi. Maksudnya setiap hal dari komunikasi itu
saling terkait.
Proses Manajemen Komunikasi
Dalam aplikasinya langkah langkah proses komunikasi adalah
sebagai berikut:
- Langkah pertama ide/gagasan
diciptakan oleh sumber/komunikator.
- Langkah kedua adalah ide yang
diciptakan tersebut kemudian dialih bentukan
menjadi lambang lambang komunikasi yang mempunyai makna dan dapat
dikirimkan.
- Langkah ketiga, pesan yang telah
di encoding tersebut selanjutnya dikirimkan melalui saluran/media yang
sesuai dengan karakteristik komunikasi ditujukan kepada komunikan.
- Langkah keempat,
penerimamenafsirkan isi pesan sesuai dengan persepsinya untuk mengartikan
maksud pesan tersebut.
- Langkah kelima, apabila pesan tersebut
telah berhasil di decoding, khalayak akan mengirim kembali pesan tersebut
ke komunikator
Rencana Komunikasi
tujuan atau
rencana komunikasi adalah menghibur, memberikan informasi, dan mendidik. Dengan
tujuan tersebut berdampak pula pada peningkatan pengetahuan (kognitif),
membangun kesadaran (sikap), dan mengubah perilaku (psikomotorik) seseorang
atau masyarakat dalam suatu proses komunikasi.
Isi Rencana Manajemen Komunikasi
Proses utama
dalam kegiatan perencanaan dan pembuatan Project Management Plan adalah :
´ Informasi, termasuk format, isi dan
level detail
´ Siapa penerima dan pembuat informasi
´ Perencanaan
sumber daya manusia
´ Metode/ teknologi untuk menghasilkan
informasi
´ Merangkum
kebutuhan dan keinginan klien
´ Merinci
unit unit pekerjaan
´ Prosedur revisi untuk memperbarui
rencana manj komunikasi
´ Membuat
estimasi biaya
Distribusi informasi
Setelah
melakukan perencanaan komunikasi, hasil yang diperoleh adalah rencana manajemen
komunikasi. Langkah selanjutnya adalah pendistribusian informasi. Dalam
melakukan pendistribusian informasi dibutuhkan input berupa perencanaan
manajemen komunikasi dengan menggunakan alat dan teknik berupa kemampuan
komunikasi, metode distribusi informasi, proses pembelajaran, serta sistem
informasi. Hasil atau output dari proses distribusi informasi ini adalah proses
atau alur komunikasi dari organisasi proyek dan perubahan permintaan.
Bentuk
distribusi komunikasi pada proyek ada beberapa macam antara lain adalah :
– Rapat-rapat
(meetings).
– Distribusi
dokumen berupa hardcopy.
– Distribusi
data melalui media elektronik seperti electronic mail/E-mail, mesin fax, dan
lain-lain.
Pelaporan performance
Informasi
yang terkandung didalamnya, antara lain :
Ø Status
reports, yang berisi tentang sejauh mana proyek sudah berjalan dalam kerangka
ruang lingkup, waktu dan biaya.
Ø Progres
reports menggambarkan sejauh mana tim proyek sudah menyelesaikan
pekerjaannya. Biasanya berupa laporan
rutin.
Ø Mengadakan
evaluasi akhir proyek
Ø Mengkaji
apakah metodologi manajemen perlu diperbaiki
Mode penanganan konflik
´ Action
: tindakan langsung
´ Secure
understanding : memberikan pengertian atas suatu inovasi
´ Motivate
action : memotivasi agar melukan tindakan
´ Forcing:
pendekatan win-lose
´ Withdrawal:
menghindari potensi pertentangan
Daftar
pustaka
´ Suprapto,
Tommy. 2009. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Jakarta : Media
Pressindo.
´ Kurniali,
Sartika. 2013. Super Project Manager. Jakarta : elex media komputindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar